Postingan

Apa sih beda Manual, SOP dan Instruksi Kerja (IK)?

Halo QualityClub. Ini diksusi menarik tentang dokumen ISO. Pertanyaannya basic, yakni tentang tingkatan dokumen ISO. Simak pertanyaan di bawah ini ya. ---- Mohon maaf ijin bertanya, Apa perbedaan Manual, Prosedur / SOP, Instruksi Kerja terkait untuk Audit ISO 9001? ---- Jawaban: Quality Manual atau biasa disebut juga sebagai "policy manual" atau "reference manual" merupakan dokumen yang memuat kebijakan atau policy yang berhubungan dengan manajemen mutu. Selain kebijakan, biasanya quality manual memuat struktur organisasi, interaksi antarproses , konteks organisasi dan kebijakan-kebijakan lainnya. Prosedur atau in english SOP memuat panduan operasional kerja yang melibatkan beberapa unit kerja atau departemen. Contoh dokumen ini misalnya prosedur pembelian. Prosedur pembelian menguraikan proses pembelian atau tahapan proses pengadaan barang dan jasa yang melibatkan proses finance, inspeksi dan gudang. Working instruction (WI) atau instruksi kerja juga dokumen pan

Contoh SOP dan IK Confined Space (ruang terbatas)

Gambar
  Confined space atau ruangan terbatas adalah ruangan yang tertutup seluruh atau sebagian yang tidak didesain atau diperuntukan untuk dimasuki oleh manusia, kecuali untuk keperluan pekerjaan khusus, memiliki akses masuk yang terbatas. Anggota QualityClub membagikan contoh dokumen SOP dan IK confined space atau ruang terbatas yang bisa Anda download.  Dokumen ini dapat digunakan dalam penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) seperti ISO 45001:2018.   Dokumen pengelolaan confined space (contoh SOP dan Instruksi Kerja IK) dapat diunduh pada folder Arsip . Anggota QualityClub sering berbagi dokumen untuk dapat digunakan para anggota yang lain.  Dua orang anggota QualityClub mengirim contoh dokumen tata cara pengelolaan confined space atau ruang terbatas.  Untuk menjadi anggota QualityClub, isi formulir pendaftaran QualityClub

Webinar QualityClub: Proses Pendaftaran Sertifikasi Halal di BPJPH

Gambar
Banyak pelaku usaha yang ingin mengurus sertifikat halal, tapi bagaimana cara mengurus sertifikat halal? Ada anggota QualityClub  yang paham tentang proses sertifikasi halal dan dirinya  ingin berbagi pengalaman tentang proses pendaftaran sertifikasi halal di BPJPH. Kesempatan yang luar biasa bisa buat Quality Club member bertanya langsung dengan ahlinya. Apa saja yang perlu disiapkan saat pendaftaran sertifikasi halal? Berapa lama?  Begini caranya. Daftar webinar QualityClub segera link formulir pendaftaran acara webinar di bawah ini: Topik: Proses Pendaftaran Sertifikasi Halal di BPJPH Hari/Tgl: Kamis, 30 Juni 2022  Pkl: 19.30-20.30 WIB  Tempat: Zoom meeting  Pembicara: Syafrudin (Praktisi Halal) Moderator: Zulkifli Nasution (Sintegral Consulting) Formulir pendaftaran:
Gambar
Dimana sebaiknya tim HSE dan ISO dalam struktur organisasi? Apakah posisi tim independen langsung di bawah direktur atau tim sebaikya berada di bawah salah satu divisi tertentu? Berikut ini hasil diskusi QualityClub. --- Menurut saya, tergantung besar kecilnya organisasi. Bila memungkinkan untuk menjadi divisi tersendiri, lebih bagus. Bila tidak memungkinkan bisa di bawah HR atau SDM, tapi mempunyai independensi dalam hal tertentu. --- Menurut saya, sebaiknya Quality organization apakah sebagai divisi khusus atau Staff group, sebaiknya dibawah CEO. Kenapa? Ini berdasarkan pengalaman saya di industri garment. Dalam beberapa kasus ada pengalaman saya di mana kepentingan perusahaan harus didahulukan dari pada "menjalankan ISO secara konsisten". Misalnya, waktu bahan Baku yang diterima setelah diinspeksi ternyata tidak memenuhi syarat - harus ditolak menurut standard ISO. Untuk membuat Ulang pemasok membutuhkan waktu lama sehingga lini produksi harus nganggur cukup lama. Maka bi

Dari mana sumber isu internal dan eksternal ISO 9001?

Gambar
Standar internasional manajemen mutu ISO 9001 memuat persyaratan tentang isu internal dan eksternal, apa itu? Isu internal dan eksternal adalah permasalahan yang perlu diidentifikasi oleh perusahaan dan dikelola sebaik-baiknya. Isu internal adalah permasalahan internal di dalam perusahaan, sedangkan isu eksternal permasalahan yang berasal dari luar perusahaan.  QualityClub mendiskusikan perihal isu internal dan eksternal ini.  Ini hasil diskusi QualityClub. --- Selamat pagi sahabat QualityClub.  Mohon bantuan teman-teman QualityClub menanggapi pertanyaan ini. Pertanyaan terkait isu internal dan eksternal ISO 9001. --- Salam sukses pak, izin bertanya.. Untuk isu internal & eksternal, siapakah yang bertugas mengisi? Sumber isu ini dari mana? Apakah bisa sebatas wawancara lisan kemudian dirangkum? --- Selamat pagi pak Zul.  Mhn ijin urun rembuk,  Di kami, proses ini berjenjang multi proses, top down dan bottom up. Artinya tahap awal masing-masing dept dikoordinir oleh Managernya men

Join QualityClub, Grup WA ISO

  QualityClub forum ISO untuk management representative, auditor internal, document control, tim ISO perusahaan dan pemerhati mutu.

Audit ISO 9001:2015 kepada top management, apa yang ditanyakan?

Gambar
Audit top management termasuk kegiatan yang perlu dilakukan dalam rangka audit internal ISO 9001:2015. Apa sih pertanyaan yang diajukan kepada top management saat audit? Berikut diskusi QualityClub tentang audit top management atau audit direksi. === Assalamualikum teman Quality club. Ada saran, apa pertanyaan untuk audit direksi? --- Ijin jawab audit direksi..: penetapan konteks internal dan eksternal penetapan stackeholder Apakah ada perubahan Kebijakan Progres sasaran dan target perusahaan Semoga bermanfaat.. --- Tindak lanjut hasil management review atau tinjauan manajemen perlu juga ditanyakan. -- Ditempat saya diwakili MR sbgai auditee. Poin pertanyaan adalah : sasaran mutu periode berjalan Issue internal & external Perubahan / change baik itu kebijakan, strategy dan harapan pihak terkait terkait quality, k3 dan lingkungan -- Tulisan ini bisa membantu saat audit direksi : Audit top management, panduan resmi dari ISO. Dokumen bisa diunduh via blog: https://bit.ly/QualityClub_A