Ini Dia Pihak Berkepentingan yang dimaksud ISO 9000

Untuk mencapai tujuan perusahaan, manajemen perlu memperhatikan keinginan dan harapan para pihak yang berkepentingan dengan perusahaan. Mereka itu adalah pihak-pihak yang relevan dan memberikan risiko terhadap keberlanjutan perusahaan. Siapa saja pihak berkepentingan itu? Di bawah ini rangkuman diskusi QualityClub: 

Assalamualaikum. Pak Zul & Teman2 Quality Club.

Pihak-pihak utama yang berkepentingan (stakeholder) perusahaan dibagi menjadi dua:
a) Internal, yaitu: karyawan, pemegang saham dan lainnya
b) Eksternal, yaitu: pelanggan, supplier, masyarakat, pemerintah dan lainnya.
Ada yang kurang ngga ya stakeholdernya lainnya?

Terima kasih,
---
Walaikum salam Pak Andi.

a) internal bisa ditambahkan owners atau pemilik perusahaan
apakah ada karyawan magang, jika ya bisa dimasukkan ke a)
untuk b) bisa dimasukkan asosiasi jika ada
---
Eksternal ; Media masa, LSM
---
Eksternal : Asuransi, Bank
Internal : Manajemen, serikat pekerja, koperasi karyawan
---
Examples of relevant interested parties that could be considered relevant by your organization include, but are not limited to :

• customers ;
• end users or beneficiaries ;
• joint venture partners ;
• franchisors ;
• owners of intellectual property ;
• parent and subsidiary organizations ;
• owners, shareholders ;
• bankers ;
• unions ;
• external providers ;
• employees and others working on behalf of the organization ;
• statutory and regulatory authorities (local, regional, national or international) ;
• trade and professional associations ;
• local community groups ;
• non-governmental organizations ;
• neighbouring organizations ;
• competitors.

Sumber: ISO 9001:2015 for Small Enterprises – What to do ? ISO 2016
---
Selesai
----

Baca juga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Audit ISO 9001:2015 kepada top management, apa yang ditanyakan?

Pertanyaan yang diajukan kepada direktur perusahaan saat audit internal ISO 9000

Ini Dia Dokumen SMKP (Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan)