Management Representative ISO menurut ISO 9001:2015

Di bawah ini diskusi ISO via Grup WhatsApp dengan topik: Management Representative atau wakil manajemen menurut standar ISO 9001:2015. 
---

Selamat Siang Para Master ISO🙏

Terkait perubahan ISO ke versi terbaru dng tidak mensyaratkan adanya Management Representative (MR), maka perusahaan kami berencana utk mengikuti hal tsb, yaitu dng menghilangkan fungsi MR,

Dalam hal ini apakah tugas dan tanggung jawab MR terdahulu akan dilimpahkan kpd Top Management?

jika tdk lalu siapa yg akan menjalankan tugas dan tanggung jawab tsb?

Mohon masukannya rekan2 semua🙏

Terima kasih sebelumnya...
---
Pd prinsipnya tanggung jawab implementasi ISO ada di top management,tapi top management boleh menunjuk seseorang untuk bertanggung jawab atas implementasi ISO tersebut. Namanya boleh MR,boleh Quality Director,Quality Manager atau apa saja,Selama jobdesc nya mengendalikan dan memantau jalannya implementasi ISO.
---
Pak Adi, jika mereview terkait klausul MR pada versi 2008, memang ada PIC khusus bertanggung jawab terkait impelementasi efektifitas sistem QMS, barangkali berbeda dengan versi 2015, dimana MR tidak diwajibkan harus ada PIC khusus untuk itu.

Tetapi evaluasi efektifitas sistem QMS tentu harus dimonitoring secara continoue oleh orang kompeten dalam organisasi sebagai decission maker dalam sistem QMS. Klausul leadership mewajibkan perusahaan memiliki personel kompeten terkait hal itu..tidak disebutkan harus sebagai MR, tetapi fungsi dan tugasnya ya seperti MR.

Dalam implementasinya, Top Leader dalam perusahaan dengan berbagai kesibukannya bisa jadi tidak ada waktu untuk mengurusi evaluasi QMS, maka top leader mendelegasikan hal ini kepada PIC yang ditunjuk yang juga dilibatkan sebagai personel yang mengevaluasi atas implementasi efektivitas QMS.

Jadi fungsi MR sebenarnya masih dibutuhkan oleh personel yang secara struktural berada di first line organisasi atau orang yang ditunjuk oleh top management (sebagai perwakilan tentunya).

Jadi memang betul, akan rancu kalau fungsi dan tugas MR didelegasikan kepada Head Dept.

Semoga membantu
---

Tergantung kita memahami organisasi, jika memang kemampuan di setiap departemen atau manajerial mampu pelaksanaannya sesuai yang di harapkan standart, maka dilakukan.

Jika masih belum mampu, akan lebih baik menggunakan MR untuk mengkoordinasikan.
---

Jadi MR itu menurut pandangan saya awal mula dibentuk karena untuk menjembatani antara manajemen dengan karyawan, sehingga sistem ISO menjani lebih smooth. Tetapi dengan adanya bersi terbaru bukan berarti MR harus dihilangkan, apabila top management mampu mengelola iso secara langsung dan fokus maka bisa jalan tanpa MR . Tetapi apabila karena kesibukan top management maka MR itu masih bisa ada. #pendapat pribadi ya :)
---
Sepengetahuan saya, "dihilangkanny" MR dimaksudkan utk lbh meningkatkan kepedulian dan 
keterlibatan lgs top management dalam implementasi iso ini. Namun tentu saja tidak semua top manajemen (terutama jika peruah berskala besar) dpt lgs terlibat day to day. Hal ini bisa disiasati dg menunjuk kepala² unit kerja utk berperan sbg MR di satuan kerjanya, dan mereka semua bisa report lgs dan btggjawab kepada top manajemen. Dg demikian top manajemen akan tetap terjaga komitmennya dan implementasi sampai level bawah tetap terlaksana dan termonitor dg baik.
---
maka Management Representative tsb dalam teknisnya masuk kedalam jobdesc tiap2 Manager /Pimpinan Dept/Div
---

Ijin berpendapat : sesuai versi terbaru ISO memang tidak mempersyaratkan adanya MR tapi bukan berarti tidak boleh ada MR ,karena kembali lagi kepada kebutuhan perusahaan , kalau tidak keliru jika Fungsi MR ditiadakan akan melekat kepada TM selaku penanggungjawab walaupun dalam pelaksanaan di lapangan fungsi kontrol tetap dibantu dari masing2 Dept.Head .

Itu menurut pendapat saya ,mohon koreksinya 🙏
---

Selesai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan yang diajukan kepada direktur perusahaan saat audit internal ISO 9000

Ini Dia Dokumen SMKP (Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan)

Free webinar QualityClub ISO 17025