Langsung ke konten utama

Daftar Dokumen ISO 45001:2018

Sertifikasi ISO 45001 membutuhkan banyak dokumen. Dokumen dibutuhkan untuk bisa dilakukan audit sertifikasi iso 45001.  Audit ISO 45001 dilaksanakan oleh auditor dari lembaga sertifikasi. Jika semua lancar, selanjutnya perusahaan direkomendasikan untuk mendapat sertifikat ISO 45001:2018 dan layak bergembira. Namun, sebelum menuju proses sertifikasi, banyak dokumen yang perlu dibuat. Untuk memudahkan menyusun dokumen ISO 45001, kami menyiapkan sejumlah contoh-contoh dokumen template ISO 45001. Dengan menggunakan contoh-contoh dokumen ini, Anda dapat menghemat waktu dan upaya dalam menyusun strategi yang efektif untuk membuat dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam proses sertifikasi ISO 45001:2018.  Klik gambar di bawah ini untuk melihat daftar dokumen ISO 45001:2018.

Bagaimana menentukan sasaran mutu komplain pelanggan?



Sararan mutu topik penting dalam kaitan dengan penerapan sistem ISO 9001:2015. Setiap unit kerja di tentukan sasaran-sasaran yang harus dicapai sesuai dengan kesepatakan. Begitu juga dengan sasaran untuk komplain pelanggan.

Di bawah ini diskusi QualityClub tentang sasaran komplain pelanggan.
---
Sore bapak dan Ibu. Saya mau minta advice, apakah target komplan pelanggan selalu 0 kali komplain atau boleh lebih dan dalam bentuk % boleh ga ya
---
Kalai saya komplain bebas yang penting penanganannya dibatasi misal 2 hari kerja..karena kmai tidak  bisa batasi customer menyampaikan keluhan
---
Komplain pelanggan dengan jumlah 0 sepertinya kurang tepat, tidak masuk akal. Biarkan saja pelanggan komplain semau mereka, hal ini tidak mungkin bisa dihindari. Namun, sasaran yang bisa dibuat yaitu lama waktu penanganan komplain pelanggan yang misalnya, 1 jam , 1 hari, atau sasaran lain sehingga prose penanganan komplain cepat.
---
Contoh target komplain pelanggan :
Tahun 2019 jumlah komplain pelanggan 90 komplain.
Target 2020 : Penurunan jumlah komplain sebanyak 50% dari tahun sebelumnya.
atau
Tahun 2019 jumlah komplain NG x sebanyak 1500 pcs.
Target 2020 : Jumlah komplain NG x < 500 pcs

Intinya, dalam menetapkan target harus ada Based line nya, dan umumnya adalah data tahun sebelumnya.

Dalam penetapan target bisa dengan qty, persentase, waktu, dan lainnya.

Dan satu hal lagi yang penting, dalam menetapkan target gunakan kaidah SMART. Specific, Measurable, Achieveable, Relevant, dan Time-bound

Misalnya, kalau kita tetapkan 0/ zero complain, coba diukur, apakah itu achieveable? Alias bisa dicapai gak?

Lihat data komplain tahun lalu, misal tahun lalu jumlah komplain 1500 komplain, apakah achieveable (bisa dicapai) kalau tahun ini kita tulis 0 komplain?

Buatlah target yang memang sepertinya bisa dicapai, namun jangan mengurangi challenge dalam target tersebut... Tapi, jangan buat target yang muluk-muluk juga.

Demikian komentar dari saya, semoga bisa membantu...
---
Selesai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Instruksi Kerja lengkap dengan Flowchart dan Panduan Lain

Dalam dokumen ISO ada jenis dokumen yang dikenal dengan Instruksi kerja atau disingkat IK dan dokumen ini fungsinya sangat penting.  Instruksi kerja memberikan panduan cara-cara kerja secara rinci.  Contoh instruksi kerja, misalnya IK pengoperasian mesin, IK untuk proses pengeluaran uang kas, IK untuk hal-hal yang detil lainnya. Contoh Instruksi kerja yang dikirim oleh anggota QualityClub ini bisa Anda download . Contoh dokumen memuat flowchart dalam format excel, download Instruksi kerja atau IK (pdf) Baca juga: Siapa yang bertanggung jawab membuat prosedur?

Formulir Evaluasi Auditor Internal ISO 9001

Kegiatan audit internal merupakan kegiatan penting dalam sistem manajemen mutu ISO 9001 dan karenanya perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan proses audit internal di perusahaan dengan melakukan evaluasi auditor internal. Tujuannya agar auditor internal bisa dinilai kompetensinya sebagai auditor sehingga bisa ditingkatkan bila hasil penilaian dinyatakan kurang atau tidak memadai. Metode evaluasi atau penilaian auditor internal tidak ditentukan oleh standar manajemen mutu ISO 9001. Tata cara evaluasi auditor ditentukan internal perusahaan.  Pada umumnya evaluasi auditor internal dilakukan dengan mengisi form evaluasi. Berbagai form evaluasi bisa dibuat, salah satunya form evaluasi berikut ini yakni dokumen yang di- share  seorang anggota QualityClub dan bisa Anda gunakan. Evaluasi auditor internal dilaksanakan secara berkala sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan manajemen perusahaan. Silahkan gunakan formulir evaluasi auditor internal di atas. Baca juga: Kualif...

Ini Dia Dokumen SMKP (Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan)

Anda dapat men-download dokumen SMKP. SMKP singkatan dari Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan,  merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan yang khusus mengatur risiko keselamatan pertambangan . Penerapan SMKP bermanfaat untuk mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di bidang pertambangan. SMKP membutuhkan sejumlah dokumen SMKP seperti SOP atau panduan, termasuk dokumen-dokumen yang disyaratkan SMKP. Seorang anggota QualityClub memberikan contoh-contoh dokumen yang umum diterapkan dalam sistem SMKP. Ia berbagi beberapa dokumen SMKP  untuk QualityClub . Informasi dokumen bisa dilihat  via link google drive dokumen SMKP Setelah mendapat persetujuan pemilik dokumen, semua dokumen SMKP bisa di-download. Semoga bermanfaat buat pekerjaan Anda. Baca juga ISO 45001: Bagaimana identifikasi karyawan yang memiliki penyakit dalam K3