Sertifikasi ISO 45001 membutuhkan banyak dokumen. Dokumen dibutuhkan untuk bisa dilakukan audit sertifikasi iso 45001. Audit ISO 45001 dilaksanakan oleh auditor dari lembaga sertifikasi. Jika semua lancar, selanjutnya perusahaan direkomendasikan untuk mendapat sertifikat ISO 45001:2018 dan layak bergembira. Namun, sebelum menuju proses sertifikasi, banyak dokumen yang perlu dibuat. Untuk memudahkan menyusun dokumen ISO 45001, kami menyiapkan sejumlah contoh-contoh dokumen template ISO 45001. Dengan menggunakan contoh-contoh dokumen ini, Anda dapat menghemat waktu dan upaya dalam menyusun strategi yang efektif untuk membuat dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam proses sertifikasi ISO 45001:2018. Klik gambar di bawah ini untuk melihat daftar dokumen ISO 45001:2018.
Di bawah ini adalah pertanyaan auditor eksternal ISO 9001:2015. Tulisan ini dikirim oleh seorang anggota QualityClub yang menghadapi proses sertfikasi ISO 9001:2015.
Umum (termasuk pertanyaan yang ditanyakan ke setiap Divisi/Bagian):
TOP Management:
Divisi Sales:
Divisi HC (HRD):
Divisi Customer Care:
Divisi Development & Imlementasi:
Divisi Internal Audit:
Umum (termasuk pertanyaan yang ditanyakan ke setiap Divisi/Bagian):
- Struktur organisasi
- Sasaran Mutu dan review pencapaiannya. Jika ada yang tidak tercapai, harus ada tindakan perubahan dan didokumentasikan.
- Issue yang ada di Divisi/Bagian baik internal maupun eksternal
- Risk Assessment/Register beserta penjelasan mitigasinya.
- Apakah ada perubahan dan/atau penurunan atas nilai risknya dibandingkan yang tahun lalu?
TOP Management:
- Kebijakan mutu dan Target Perusahaan
- Change Management
Divisi Sales:
- Metode pencarian sales dan prosesnya (misal: lewat tander atau request dari customer/repeat order)
- Pipeline sales, compare dengan sasaran mutunya
Divisi HC (HRD):
- Proses yang ada di HC (misal dari proses recruitment sampai ke pengembangan karyawan) hingga ke proses karyawan resign
- Minta ditujukkan bukti proses sejak awal sampai karyawan resign. Untuk yang proses recruitment dilakukan sampling atas proses recruitment level Staf, Manager, dll (jika ada). Harus disiapkan bukti dokumentasi prosesnya, sejak awal (sejak user request, harus ada dokumen requisition)
- Turn over tahun lalu dan turn over sd Q2 tahun ini
- Training: training plan, sampling pelaksanaan training (daftar hadir, materi training, evaluasi. Evaluasi termasuk questioner dan tindak lanjut atas analisa questioner)
Divisi Customer Care:
- Laporan hasil survey
- Sampling hasil survey oleh customer
Divisi Development & Imlementasi:
- Sampling proses development + implementasi dan pengecekan bukti dokumentasinya
Divisi Internal Audit:
- Rekap temuan Audit sd Q3, dan update status temuan
Baca juga:
Komentar
Posting Komentar