Perlukah Sasaran Mutu untuk Management Representative ISO?

Setiap fungsi perusahaan wajib memiliki target kerja yang terukur. Fungsi itu misalnya pemasaran, pembelian, produksi, quality, engineering, maintenance dan fungsi atua unit kerja lainnya.
Bagaimana dengan management represeentative ISO? Apalah fungsi ini perlu dibebankan targer kerja?
Jika ya, apa sasaran mutu yang tepat bagi management representative ISO?

Berikut ini rangkuman diskusi QualityClub, Rabu 9 Juni 2021 tentang "Sasaran Mutu Management Representative ISO"
---

Di perusahaan tempat saya kerja sasaran mutu MR malah tidak ada. Apakah hal ini bisa diterima?
---
Menurut saya, peran MR adalah sbg Facilitator, Wakil Perusahaan dalam implementasi System Management ISO 9001 di Perusahaan/Organisasi. Keberhasilan organisasi bisa dilihat dari pencapaian organisasi yg dikelolanya mencapai Sasaran2nya. Jadi, secara formal keberhasilan MR dilihat dari pencapaian Sasaran2 Perusahaan yg biasanya diberikan dalam Manual Mutu. Secara formal memang MR bertanggung jawab atas seluruh Perusahaan.
---
Kalau menurut pendapat saya, apabila MR berdiri di dept sendiri, sepertinya harus tetap ada. tapi kalau berada di bawah dept lain, bisa digabung saja dengan dept utamanya
---
Apakah MR termasuk dalam lingkup ISO9k:2015?
Apakah MR tidak memiliki risiko?
Jika MR juga memiliki risiko artinya masuk dalam ruang lingkup ISO9k:2015. Dengan demikian wajib mengikuti klausul² yg ada di standar termasuk Sasaran Mutu.
---
hendaknya sasaran mutu setiap divisi tetap ada.. bagaimana mau menjalankan SMM tanpa sasaran mutu.. tidsk ada target yg akan dicapai??
===
Selesai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan yang diajukan kepada direktur perusahaan saat audit internal ISO 9000

Ini Dia Dokumen SMKP (Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan)

Free webinar QualityClub ISO 17025