Ini Dia Pihak Berkepentingan yang dimaksud ISO 9000

Untuk mencapai tujuan perusahaan, manajemen perlu memperhatikan keinginan dan harapan para pihak yang berkepentingan dengan perusahaan. Mereka itu adalah pihak-pihak yang relevan dan memberikan risiko terhadap keberlanjutan perusahaan. Siapa saja pihak berkepentingan itu? Di bawah ini rangkuman diskusi QualityClub: 

Assalamualaikum. Pak Zul & Teman2 Quality Club.

Pihak-pihak utama yang berkepentingan (stakeholder) perusahaan dibagi menjadi dua:
a) Internal, yaitu: karyawan, pemegang saham dan lainnya
b) Eksternal, yaitu: pelanggan, supplier, masyarakat, pemerintah dan lainnya.
Ada yang kurang ngga ya stakeholdernya lainnya?

Terima kasih,
---
Walaikum salam Pak Andi.

a) internal bisa ditambahkan owners atau pemilik perusahaan
apakah ada karyawan magang, jika ya bisa dimasukkan ke a)
untuk b) bisa dimasukkan asosiasi jika ada
---
Eksternal ; Media masa, LSM
---
Eksternal : Asuransi, Bank
Internal : Manajemen, serikat pekerja, koperasi karyawan
---
Examples of relevant interested parties that could be considered relevant by your organization include, but are not limited to :

• customers ;
• end users or beneficiaries ;
• joint venture partners ;
• franchisors ;
• owners of intellectual property ;
• parent and subsidiary organizations ;
• owners, shareholders ;
• bankers ;
• unions ;
• external providers ;
• employees and others working on behalf of the organization ;
• statutory and regulatory authorities (local, regional, national or international) ;
• trade and professional associations ;
• local community groups ;
• non-governmental organizations ;
• neighbouring organizations ;
• competitors.

Sumber: ISO 9001:2015 for Small Enterprises – What to do ? ISO 2016
---
Selesai
----

Baca juga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan yang diajukan kepada direktur perusahaan saat audit internal ISO 9000

Ini Dia Dokumen SMKP (Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan)

Free webinar QualityClub ISO 17025