Apa tugas Lead Auditor ISO?

 


Selamat siang. Mau tanya lagi,Lead Auditor itu jobdescnya apa saja biasanya? Kenapa ada posisi Lead Auditor? Terimakasih...🙏🙏

 ---

lead auditor biasanya kalau di perusahaan itu hanya berlaku pd saat audit internal berlangsung, dimana prosesnya di pilih diantara para auditor internal yg ada. tp bila saat audit eksternal berlangsung seorang lead auditor memang hrs memililik sertifikat lead auditor dan memiliki jam terbang audit lbh byk.

 smoga dpt menjwb pertanyaan pak brahmana

 ---

tgs seorang lead auditor (internal) mengomandoi smua kegiatan2 audit spt :

- memperkenalkan para auditor saat opening meeting

- memastikan jadwal audit sesuai,

- mengatur tgs para auditor internal,

- membuat lapporan hasil audit,

- memaparkan hsl audit kpd manajemen saat closing meeting

- menyelesaikan hsl temuan2 audit dll

 

kalau lead auditor (eksternal) di atur dr sertification body yg menugaskannya

 ---

Coba bantu jawab..

Tugas lead Auditor:

 

1. Buat jadwal Audit .

2. Tentukan sampling area yang akan di jadikan audit

3. Tentukan Man power (berapa jumlah Auditor) yang akan melakukan audit menyesuaikan luas area yang akan di audit

4. Tentukan jumlah hari audit.

5. Buat rapat koordinasi dengan anggota auditor.

6.Tentukan kriteria jenis temuan audit  ( Major,Minor/ Kritikal, observasi)

7.  Buat kesimpulan hasil Audit

8. Menyampaikan hasil audit dalam meeting closing Audit

 ---

 Mohon ijin utk menambahkan tugas Lead Auditor

 1.            Membuat keputusan akhir hasil audit

2.            Menyiapkan rencana audit

3.            Menetapkan peran di dalam tim

4.            Memberikan penjelasan pada tim

5.            Meninjau dokumen

6.            Mewakili tim saat opening / closing meeting

7.            Melaporkan ketidaksesuaian kritis

8.            Melaporkan hambatan utama

9.            Memeriksa laporan audit dari tim dan membuat laporan akhir

---

Tambahan penjelasan

Tugas lead Auditor:

 

1. Buat jadwal Audit .

 Jadwal Audit  disusun sebelum mengunjungi lokasi perusahaan yang akan diaudit dan disampaikan ke perwakilan perusahaan lewat email dan pada saat opening Audit disampaikan ke peserta meeting opening Audit apakah jadwal disetujui sesuai urutannya atau ada perubahan urutan kunjungan ke setiap departemen/area .

 2. Tentukan sampling area yang akan di jadikan audit 

Bertujuan supaya seluruh area dapat dicover meskipun dengan metode sampling.

 3. Tentukan Man power (berapa jumlah Auditor) yang akan melakukan audit menyesuaikan luas area yang akan di audit

Bertujuan untuk mengatur kecukupan anggota personil audit supaya pelaksanaan audit tepat waktu. Sehingga tidak terlalu lama dan efisiensi tenaga anggota tim audit .

 

4. Tentukan jumlah hari audit.

Jika lokasi yang akan dikunjungi berjauhan maka dapat menambahkan jumlah hari (juga dapat menambah jumlah anggota auditor)

 5. Buat rapat koordinasi dengan anggota auditor.

Rapat ini bertujuan untuk membagi tugas kepada anggota tim sesuai keahliannya dan  merangkum hasil temuan (dengan format yang sudah ditentukan), baik temuan yang sama maupun berbeda kemudian menjadikan satu temuan berdasarkan klausul / elemen audit.

 

6. Tentukan kriteria jenis temuan audit  ( Major,Minor/ Kritikal, observasi)

Bertujuan untuk menyamakan persepsi tingkat penyimpangan temuan terhadap standar dan untuk menentukan berapa lama tindakan perbaikan harus dilakukan oleh auditee.

 7.  Buat kesimpulan hasil Audit

Kesimpulan dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami dalam bentuk laporan audit untuk disampaikan kepada perwakilan departemen/perusahaan supaya dapat segera ditindaklanjuti.

Sampaikan ada berapa jumlah temuan . Sebelum menyampaikan temuan audit, sampaikan terlebih dahulu sisi baik yang sudah dilakukan oleh perusahaan/ departemen yang diaudit.

 8. Menyampaikan hasil audit dalam meeting closing Audit

Selain Laporan hasil audit, auditor juga melaporkan rencana jadwal Audit berikutnya beserta departemen mana saja yang akan dikunjungi. Hal ini bermanfaat bagi auditee dalam menyiapkan data dan mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan penerapan ISO / sistem yang akan diaudit.

Sebelum menyampaikan temuan audit, sampaikan terlebih dahulu sisi baik yang sudah dilakukan diterapkan oleh perusahaan/ departemen yang diaudit (beri sanjungan terlebih dahulu)

---

Selesai


Baca juga:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan yang diajukan kepada direktur perusahaan saat audit internal ISO 9000

Ini Dia Dokumen SMKP (Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan)

Free webinar QualityClub ISO 17025