Apa tugas Lead Auditor ISO?
Selamat siang. Mau tanya lagi,Lead Auditor itu jobdescnya
apa saja biasanya? Kenapa ada posisi Lead Auditor? Terimakasih...🙏🙏
lead auditor biasanya kalau di perusahaan itu hanya berlaku
pd saat audit internal berlangsung, dimana prosesnya di pilih diantara para
auditor internal yg ada. tp bila saat audit eksternal berlangsung seorang lead
auditor memang hrs memililik sertifikat lead auditor dan memiliki jam terbang
audit lbh byk.
tgs seorang lead auditor (internal) mengomandoi smua
kegiatan2 audit spt :
- memperkenalkan para auditor saat opening meeting
- memastikan jadwal audit sesuai,
- mengatur tgs para auditor internal,
- membuat lapporan hasil audit,
- memaparkan hsl audit kpd manajemen saat closing meeting
- menyelesaikan hsl temuan2 audit dll
kalau lead auditor (eksternal) di atur dr sertification body
yg menugaskannya
Coba bantu jawab..
Tugas lead Auditor:
1. Buat jadwal Audit .
2. Tentukan sampling area yang akan di jadikan audit
3. Tentukan Man power (berapa jumlah Auditor) yang akan
melakukan audit menyesuaikan luas area yang akan di audit
4. Tentukan jumlah hari audit.
5. Buat rapat koordinasi dengan anggota auditor.
6.Tentukan kriteria jenis temuan audit ( Major,Minor/ Kritikal, observasi)
7. Buat kesimpulan
hasil Audit
8. Menyampaikan hasil audit dalam meeting closing Audit
2. Menyiapkan
rencana audit
3. Menetapkan
peran di dalam tim
4. Memberikan
penjelasan pada tim
5. Meninjau
dokumen
6. Mewakili
tim saat opening / closing meeting
7. Melaporkan
ketidaksesuaian kritis
8. Melaporkan
hambatan utama
9. Memeriksa
laporan audit dari tim dan membuat laporan akhir
---
Tambahan penjelasan
Tugas lead Auditor:
1. Buat jadwal Audit .
Jadwal Audit disusun sebelum mengunjungi lokasi perusahaan
yang akan diaudit dan disampaikan ke perwakilan perusahaan lewat email dan pada
saat opening Audit disampaikan ke peserta meeting opening Audit apakah jadwal disetujui
sesuai urutannya atau ada perubahan urutan kunjungan ke setiap departemen/area
.
Bertujuan supaya seluruh area dapat dicover meskipun dengan
metode sampling.
Bertujuan untuk mengatur kecukupan anggota personil audit
supaya pelaksanaan audit tepat waktu. Sehingga tidak terlalu lama dan efisiensi
tenaga anggota tim audit .
4. Tentukan jumlah hari audit.
Jika lokasi yang akan dikunjungi berjauhan maka dapat
menambahkan jumlah hari (juga dapat menambah jumlah anggota auditor)
Rapat ini bertujuan untuk membagi tugas kepada anggota tim
sesuai keahliannya dan merangkum hasil
temuan (dengan format yang sudah ditentukan), baik temuan yang sama maupun
berbeda kemudian menjadikan satu temuan berdasarkan klausul / elemen audit.
6. Tentukan kriteria jenis temuan audit ( Major,Minor/ Kritikal, observasi)
Bertujuan untuk menyamakan persepsi tingkat penyimpangan
temuan terhadap standar dan untuk menentukan berapa lama tindakan perbaikan
harus dilakukan oleh auditee.
Kesimpulan dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami dalam
bentuk laporan audit untuk disampaikan kepada perwakilan departemen/perusahaan
supaya dapat segera ditindaklanjuti.
Sampaikan ada berapa jumlah temuan . Sebelum menyampaikan
temuan audit, sampaikan terlebih dahulu sisi baik yang sudah dilakukan oleh
perusahaan/ departemen yang diaudit.
Selain Laporan hasil audit, auditor juga melaporkan rencana
jadwal Audit berikutnya beserta departemen mana saja yang akan dikunjungi. Hal
ini bermanfaat bagi auditee dalam menyiapkan data dan mempersiapkan segala
sesuatunya yang berhubungan dengan penerapan ISO / sistem yang akan diaudit.
Sebelum menyampaikan temuan audit, sampaikan terlebih dahulu
sisi baik yang sudah dilakukan diterapkan oleh perusahaan/ departemen yang
diaudit (beri sanjungan terlebih dahulu)
---
Selesai
Baca juga:
Komentar
Posting Komentar