Tata cara tinjauan manajemen ISO perlu dituangkan dalam prosedur atau tidak?

Penerapan manajemen ISO 9001 mewajibkan pelaksanaan Tinjauan Manajemen secara berkala. Tujuannya untuk mengkaji, seberapa efektif pelaksanaan manajemen ISO di perusahaan.

Seorang anggota QualityClub menceritakan bahwa ditempatnya bekerja sudah terlalu banyak dokumen sehingga pekerjaan administrasi menjadi beban yang meningkat. Ia ingin tata cara pelaksanaan Tinjauan Manajemen ISO cukup ditulis dalam dokumen manual mutu atau pedoman mutu.

Menurut saya, tata cara pendokumentasian suatu proses boleh dituangkan dalam prosedur atau manual mutu atau pedoman mutu. Hal ini ditentukan oleh perusahaan masing-masing perusahaan sesuai dengan kebijakan perusahaan yang berlaku.


Berikut ini rangkuman diskusi QualityClub, Jumat, 18 Juni 2021 tentang "Tinjauan Manajemen ISO"


Tanya:
Di tempat saya banyak sekali prosedur ISO9001. Salah satunya adalah prosedur tinjauan manajemen. Tim iso kami akan mengurangi jumlah prosedur. Rencananya sih kami akan kami hapus prosedur tinjauan manajemen dan sebagai gantinya kami tulis aturan tinjauan manajemen ke dalam pedoman mutu. 

Apakah ini sesuai dengan standar ISO 9001-2015, apakah ada yang buat seperti saya?
---
Menurut saya tidak apa2.. saya pun seperti itu. Aturan tinjauan manajemen mutu digabung di manual manajemen mutu, tidak dibuat terpisah.. yg paling penting dokumentasi atas tinjauan mutu tsb tersedia dan di follow up lebih lanjut…
---
Menurut saya boleh saja.
Karena "Documented information" itu kan tidak harus prosedur.
---
Di perusahaan saya tetap membuat prosedur tinjauan manajemen sendiri, tidak gabung dengan Pedoman Mutu.
---
Kebanyakan Auditor menanyakan prosedur Tinjauan Manajemen, sebaiknya tetap ada karena prosedur lebih detail
---
Di tempat sy jg pak,, prosedur nya kami hapus dan di mention saja di PM. Dan setiap ada audit external (customer dan lembaga sertifikasi), itu tdk masalah. Yg penting proses nya tersebutkan.
---
Selesai
---
Baca juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan yang diajukan kepada direktur perusahaan saat audit internal ISO 9000

Ini Dia Dokumen SMKP (Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan)

Free webinar QualityClub ISO 17025