Postingan

Foto QualityClub Gathering Bogor 2018

Gambar
QualityClub gahering, Bogor 2018 QualityClub kerap mengadakan pertemuan rutin. Pada tahun 2018 pertemuan diselenggarakan per dua bulan. Ikut dalam acara anggota QualityClub untuk berdiskusi kiat-kiat ISO di perusahaan. Banyak kontribusi para anggota QualityClub dalam diskusi di dalam pertemuan. Masa pademi Covid-19 QualityClub gathering secara fisik diubah menjadi pertemuan online atau QualityClub online. Hal ini untuk menekan penyebaran virus corona bila pertemuan diadakan tatap muka. QualityClub gathering akan diadakan bila masa sulit pandemi ini telah hilang atau berlalu. Semoga.

Bagaimana menentukan sasaran mutu komplain pelanggan?

Gambar
Sararan mutu topik penting dalam kaitan dengan penerapan sistem ISO 9001:2015. Setiap unit kerja di tentukan sasaran-sasaran yang harus dicapai sesuai dengan kesepatakan. Begitu juga dengan sasaran untuk komplain pelanggan. Di bawah ini diskusi QualityClub tentang sasaran komplain pelanggan. --- Sore bapak dan Ibu. Saya mau minta advice, apakah target komplan pelanggan selalu 0 kali komplain atau boleh lebih dan dalam bentuk % boleh ga ya --- Kalai saya komplain bebas yang penting penanganannya dibatasi misal 2 hari kerja..karena kmai tidak  bisa batasi customer menyampaikan keluhan --- Komplain pelanggan dengan jumlah 0 sepertinya kurang tepat, tidak masuk akal. Biarkan saja pelanggan komplain semau mereka, hal ini tidak mungkin bisa dihindari. Namun, sasaran yang bisa dibuat yaitu lama waktu penanganan komplain pelanggan yang misalnya, 1 jam , 1 hari, atau sasaran lain sehingga prose penanganan komplain cepat. --- Contoh target komplain pelanggan : Tahun 2019 ju

Siapa yang bertanggung jawab membuat prosedur?

Topik diskusi QualityClub 18 Desember 2019 Prosedur kerjad sangat diperlukan dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001. Prosedur kerja adalah dokumen yang memuat panduan kerja yang melibatkan beberapa departemen dalam perusahaan. Pertanyaannya adalah siapa yang berhak membuat prosedur kerja? Topik ini didiskusikan grup diskusi ISO QualityClub melalui Grup WhatsApp. Ini ringkasannya: ____ Selamat sore Pak Zul dan rekan-rekan, saya ada pertanyaan. Siapakah yang berhak atau diperbolehkan menyusun dokumen seperti prosedur atau instruksi kerja? Apakah hanya tim ISO yang tercantum dalam struktur organisasi ISO ataukah semua kepala departemen (yang tidak termasuk anggota struktur) bisa menyusun dan mengajukan prosedur/ IK? Terima kasih. --- Setiap departemen, terlepas masuk dalam struktur ISO atau tidak,  sebaiknya yang bertanggung jawab membuat prosedur atau instruksi kerja sebab mereka yang paling paham proses atau aktivitas di unit kerja masing. Proses it

Contoh Laporan Insiden atau Kecelakaan, download sekarang!

Gambar
Dear QualityClub. Salah satu dokumen wajib ISO 45001 (sistem manajemen internasional K3) adalah dokumen atau laporan insiden yang menerangkan insiden yang pernah terjadi, tindakan yang diambil serta efektivitas tindakan yang telah dilakukan. ISO 45001, standar yang menggantikan OHSAS 18001, mewajibkan dokumentasi insiden disosialisasikan kepada karyawan yang relevan, termasuk para pihak diluar perusahaan (interestedrties) yang perlu mengetahui terjadinya insiden, misalnya para pekerja subkontraktor, dll. Contoh laporan insiden atau kecelakaan bisa di-download di blog ini. Klik dokumen no.  77 pada menu Arsip .

Siapa yang pantas diaudit oleh auditor eksternal ISO?

Gambar
Apabila perusahaan Anda  telah memiliki sertifikat ISO 9000 pasti setiap tahun akan diaudit oleh lembaga sertifikasi. Tujuan audit yang dilakukan setiap tahun untuk menilai masih layak atau tidak perusahaan Anda memegang sertifikat ISO 9000.  Audit ini biasa disebut audit surveilance atau audit pengawasan dan dilaksanakan oleh lembaga sertifikasi yang ditunjuk perusahaan. Siapa yang pantas untuk diaudit dalam kegaiatan audit surveilance? Apakah wakil manajemen, supervisor atau staff setiap tahun? Seorang anggota QualityClub berbagi pengalaman dengan memberikan tabel di bawah ini. Tabel di atas bisa menjadi bahan diskusi tim ISO perusahaan Anda.

Review Prosedur, Perlukah?

Di bawah ini rangkuman diskusi QualityClub tentang review prosedur: --- Selamat pagi. Ini ada pertanyaan dari anggota QualityClub tentang prosedur: Apakah prosedur perlu dikaji ulang (review)  secara berkala, setidaknya satu kali dalam satu tahun? --- Selamat pagi, Review terhadap prosedure dan IK, dilakukan saat Audit internal, setahun 2x. Menurut saya sdh mewakili. --- Selamat pagi Internal audit adalah moment yg tepat untuk mereview sistem yg ada, terkait implementasi, keefektifan dan  updating nya. --- Pagi juga Pak Zul, menurut saya selama tidak ada perubahan proses maka prosedur tidak perlu di review kembali. Namun sah sah saja kalau mau review tiap tahun, untuk meng cover adanya perubahan proses yg tidak dilaporkan. --- Ikut nimbrung..tidak salah kalau setiap tahun di lakukuan riview prosedur, mengingat kemajuan teknologi, perubahan kebijakan internal dan Pemerintah. --- Selamat pagi juga Pak Zul. Sebaiknya memang seperti itu. Setiap prosedur harus dilakukan

Management Representative ISO menurut ISO 9001:2015

Di bawah ini diskusi ISO via Grup WhatsApp dengan topik: Management Representative atau wakil manajemen menurut standar ISO 9001:2015.  --- Selamat Siang Para Master ISO🙏 Terkait perubahan ISO ke versi terbaru dng tidak mensyaratkan adanya Management Representative (MR), maka perusahaan kami berencana utk mengikuti hal tsb, yaitu dng menghilangkan fungsi MR, Dalam hal ini apakah tugas dan tanggung jawab MR terdahulu akan dilimpahkan kpd Top Management? jika tdk lalu siapa yg akan menjalankan tugas dan tanggung jawab tsb? Mohon masukannya rekan2 semua🙏 Terima kasih sebelumnya... --- Pd prinsipnya tanggung jawab implementasi ISO ada di top management,tapi top management boleh menunjuk seseorang untuk bertanggung jawab atas implementasi ISO tersebut. Namanya boleh MR,boleh Quality Director,Quality Manager atau apa saja,Selama jobdesc nya mengendalikan dan memantau jalannya implementasi ISO. --- Pak Adi, jika mereview terkait klausul MR pada versi 2008, memang ada PIC khusus