Postingan

Menurut ISO 9001, bagaimana cara mengukur kepuasan pelanggan?

Tanya jawab QualityClub tentang tata cara mengukur kepuasan pelanggan (29 April 2021) --- Dear teman-teman Quality, Sedikit tanya untuk masalah pengukuran kepuasan pelanggan. Selama ini diberikan kuisioner terhadap pelanggan setelah pekerjaan selesai, dan kendalanya adalah hanya sedikit kuisioner yang kembali. Jadi hasil pengukuran kepuasan pelanggan dirasa tidak mewakili ( rata2 hanya 20% - 30% kuisioner yang kembali) Selain dari kuisioner, kira-kira ada bisa sharing metode apa yang digunakan dan caranya seperti apa, sehingga hasil pengukuran dapat diakui? --- Ijin menjawab, ditempat kami mengukur kepuasan pelanggan dengan beberapa cara: 1. Meet customer baik f2f atau online 2. Assign provider utk melakukan survey online/by call 3. Kirim email survey setiap pekerjaan/case selesai secara otomatis by system Untuk no 1 metode menggunakan cara tanya jawab. (moderatorr) --- Kami memakai metode pengukuran dengan melihat tren order dari customer kecenderungannya seperti apa, jika dari perio

Pertanyaan yang diajukan kepada direktur perusahaan saat audit internal ISO 9000

Gambar
Berikut ini tanya jawab QualityClub terkait pertanyaan yang biasanya diajukan kepada direktur saat pelaksanaan audit internal ISO  --- Dalam kegiatan audit internal ISO 9000, sering muncul kebingungan perlu atau tidak direktur perusahaan diaudit. Jika ya, apa yang ditanyakan kepada beliau? ---- Apa saja yang ditanyakan kepada direktur saat audit internal?Berikut ini jawaban dari grup QualityClub: Apakah kebijakan dan sasaran mutu telah ditetapkan dan selalu update? Apakah tanggung jawab dan wewenang para pihak telah disosialisasikan dan dipahami dalam perusahaan? Apa saja strategi-strategi perusahaan yang akan dilakukan dalam mencapai sasaran? Apakah isu Internal dan eksternal telah di update dengan isu terkini? Apakah informasi terkait isu intenral dan eksternal selalu dimonitor dan direview? Apakah harapan dan kebutuhan pihak-pihak yg berkepentinhan sudah ditetapkan? Apa saja Improvement yang telah dilakukan, misalnya dibandingkan dengan improvement yang telah dilalukan pada tahun se

Pertanyaan tentang laporan kecelakaan kerja

Berikut ini tanya jawab QualityClub via WA Group pada Senin, 19 April 2021: --- Maaf boleh sy minta pendapat nya Bapak dan team di Grup Quality Jika ada insiden (kecelakaan kerja) tetapi ga ada benda yg rusak dan ga ada orang terkena dampak nya, lalu kita tidak melaporkan nya. Apa yg harus perusaahaan lakukan jika bukti ada tetapi saksi ga ada? Noted: bukti ada berupa Foto dari yg dianggap sebagai insiden dr kondisi mobil parkir. misalkan mobil angkutan diparkir di hari Minggu dan saat sedang libur ga ada karyawan yg masuk, tetapi pada saat security Patrol terlihat pintu box nya terbuka. Tetapi setelah dicek ga ada yg rusak dan hilang, Security hanya foto saja. Dr hal diatas pertanyaan nya: 1. Apakah salah jika Security hanya melaporkan internal antar Security saja tanpa diteruskan ke manajemen? 2. Jika manajemen tahu lalu menganggap Security membiarkan tanpa membuat laporan resmi apakah tepat perusaahaan memberikan hukuman? 3. Pelaporan jenis apa yg sesuai dengan kondisi diatas? --- u

Sudah bersertifikat ISO 9001 tapi tidak berdampak pada kinerja perusahaan. Apa yang salah?

 Siang rekan praktisi sistem manajemen. Mohpn sharing nya.... Banyak perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikasi iso9001 dan menerapkan banyak sistem. Tetapi kenapa tidak berdampak terhadap bisnis perusahaan. Apa yang salah ya ??? Mungkin bisa berbagi pengalaman. --- Lebih cenderung sertifikasi hanya sebagai pemenuhan persyaratan sehingga implementasinya tidak terintegrasi dengan bisnis.  Makanya malah penerapan system ini menjadi cost center. --- Mohon ijin share, pengalaman saya sebagai MR (Management Represenatative) di 2 perusahaan terdahulu, bahwa ISO tidak berdampak signifikan terhadao perkembangan perusahaan, menurut saya alasahanya adalah sbb : 1. Komitmen perusahaan tidak sungguh dalam implementasinya, hanya sekedar gugur kewajiban utntuk meraih sertifikat dan meningkatkan citra atau branding perusahaan, sedangkan sistem yang dijalankan sesungguhnya masih jauh dari standar ISO. Perusahaan akan sibuk berbenah manakala akan menghadapi eksternal audit (surveillance/resertifikas

Apa tugas Lead Auditor ISO?

Gambar
  Selamat siang. Mau tanya lagi,Lead Auditor itu jobdescnya apa saja biasanya? Kenapa ada posisi Lead Auditor? Terimakasih... πŸ™πŸ™   --- lead auditor biasanya kalau di perusahaan itu hanya berlaku pd saat audit internal berlangsung, dimana prosesnya di pilih diantara para auditor internal yg ada. tp bila saat audit eksternal berlangsung seorang lead auditor memang hrs memililik sertifikat lead auditor dan memiliki jam terbang audit lbh byk.   smoga dpt menjwb pertanyaan pak brahmana   --- tgs seorang lead auditor (internal) mengomandoi smua kegiatan2 audit spt : - memperkenalkan para auditor saat opening meeting - memastikan jadwal audit sesuai, - mengatur tgs para auditor internal, - membuat lapporan hasil audit, - memaparkan hsl audit kpd manajemen saat closing meeting - menyelesaikan hsl temuan2 audit dll   kalau lead auditor (eksternal) di atur dr sertification body yg menugaskannya   --- Coba bantu jawab.. Tugas lead Auditor:   1. Buat jadwal Au

QualityClub ISO 45001 Simuliasi Tanggap darurat, Cerita pengalaman seorang anggota QualityClub

Gambar
Standar K3 Internasional ISO 45001 mewajibkan perusahaan memiliki proses kesiapsiagaan dan tanggap darurat.  Manajemen perusahaan dituntut memilik prosedur untuk mengantisipasi bencana atau kondisi darurat. Selain itu , manajemen wajib memiliki rencana darurat, termasuk pertolongan pertama. Tim Tanggap Darurat perusahaan harus ditunjuk, dibentuk dan diberikan pelatihan yang cukup. Prosedur tanggap darurat harus diuji coba secara berkala untuk menjamin kesesuaian prosedur. Prosedur tanggap darurat wajib dikomunikasikan ke seluruh pihak, termasuk kepada supplier, vendor, tamu dan pihak berkepentingan lainnya. Berikut in video QualityClub online yang membahas topik ISO 45001 Simulasi Tanggap Darurat. Cerita pengalaman seorang anggota QualityClub ketika melakukan simulasi tanggap darurat. Materi presentasi bisa Anda download melalui ARSIP , dokumen no 131 : Materi QualityClub Online: ISO 45001 Simulasi Tanggap Darurat (pdf)

Apakah email sebagai bukti dapat diterima standar ISO 9001?

Gambar
Dear all, Saya minta sharing dari rekan - rekan, pada mulanya untuk sebuah permintaan pembelian barang dilakukan dengan mengisi form minta barang baru diberikan kepada pihak Pembelian. Seiring dengan maraknya penggunaan komputer dan internet, maka form tersebut dihilangkan cukup dengan email dengan subject : Permintaan Beli Barang .......  Sehingga ketika ketika dilakukan audit kami hanya menunjukkan emailnya tersebut sebagai evidence/ record -nya. apakah hal ini lazim berlaku? Mohon sharingnya dari rekan - rekan semua. --- Menurut saya boleh, asal konsep alur proses pembeliannya terpenuhi: Requisition - Checking/Verification - Approval - Execution - Monitoring. Kalo bisa paperless, knp tidak? --- kalau menurut sy diperbolehkan asalakan telah dilakukan revisi SOP terkait itu sehingga tidak menyalahi SOP dan evidence dapat diterima Pak,  mohon koreksi jika tidak tepatπŸ™ --- Semua sah2 saja jika ketentuan tersebut tertuang dalam prosedur.  Tetapi klo diprosedurnya masih mencantumkan form