Postingan

Siapa External Provider Menurut ISO 9000?

Gambar
Tanya jawab QualityClub Tanya: Ijin bertanya,apakah external provider harus berupa organisasi? Atau bisa perorangan dikategorikan external provider? ---- External provider bisa perorangan atau perusahaan. --- Izin bantu menjawab ya pak Zul... Menurut ISO 9000:2015 Fundamental dan Kosakata : 3.2.5 penyedia / pemasok organisasi (3.2.1) yang menyediakan produk (3.7.6) atau jasa (3.7.7) CONTOH Produsen, distributor, pengecer atau penjual produk atau jasa. Catatan 1 untuk istilah: penyedia dapat internal atau eksternal organisasi. Catatan 2 untuk istilah: dalam situasi kontraktual, penyedia kadang-kadang disebut "kontraktor". 3.2.6 penyedia eksternal penyedia (3.2.5) yang bukan merupakan bagian dari organisasi (3.2.1) CONTOH Produsen, distributor, pengecer atau penjual produk (3.7.6) atau jasa (3.7.7) 3.2.1 Organisasi orang atau kelompok orang yang memiliki fungsi sendiri dengan tanggung jawab, wewenang, dan hubungan untuk mencapai sasarannya Kesimpulannya : Jika eksternal provide

Free Webinar QualityClub: Apa itu CSMS?

Gambar
 Free webinar QualityClub dari anggota untuk anggota dengan topik  "Apa itu CSMS? (Contractor Safety Management System)" Narasumber: Jaya Wahyudin (QualityClub member) Moderator: Zulkifli Nasution  Buat yang berminat hadir free webinar, harap mengisi formulir dengan data yang lengkap dan benar. Data tidak lengkap, tidak akan di add.

Tinjauan Manajemen wajib dilaksanakan rapat tatap muka?

Gambar
Management review atau tinjauan manajemen adalah salah satu persyaratan ISO 9000 yang wajib dilaksanakan. Tujuan tinjauan manajemen sebagai alat untuk mengukur kinerja sistem manajemen mutu perusahaan . Pelaksanaan Tinjauan Manajemen diserahkan kepada perusahaan masing-masing. Biasanya kegiatan yang dilakukan satu kali dalam satu tahun ini berlangsung dalam rapat pertemuan. Pertanyaanya, apakah rapat tinjauan manajemen wajib dilakukan dalam bentuk tatap muka atau rapat pertemuan? Seorang anggota QualityClub bertanya hal in dalam forum ISO QualityClub sbb: --- Dear bpk ibu, Maaf mau tanya. Adakah disini yang tinjauan manajemennya tidak berupa rapat? Misalnya berupa laporan tertulis? -- Izin urun pendapat. Di klausa 9.3 ISO 9001:2015 tidak ada yg menyebutkan bahwa tinjauan manajemen harus dilakukan dalam sebuah rapat. Klausa tsb hanya meminta organisasi utk melakukan tinjauan manajemen yg membahas input (tertulis di klausa 9.3) dan menentukan output (ada di klausa 9.3 juga). Lalu menyim

ISO 9001: Contoh Informasi terdokumentasi

Dalam standar ISO 9001 terdapat istilah informasi terdokumentasi. Maksud dari istilah ini adalah bahwa media dokumen bisa berbagai macam. Standar ISO 9001 menginformasikan bahwa yang dimaksud dengan dokumen bukan hanya dokumen dalam bentuk kertas saja, tapi bisa juga dalam bentuk softcopy, foto, video atau bahkan formulir yang diakses melalui aplikasi. Semua itu dosebut informasi terdokumentasi atau informasi yang perlu dikendalikan dan karenanya wajib terdokumentasi terlepas dari media informasi yang digunakan. Berikut tanya jawab di QualityClub terkait informasi dokumentasi: --- Tanya mohon maaf bertanya, jika sebuah formulir sudah di alihkan ke aplikasi, apakah formulir sebelumnya (berupa excel) bisa di hapus di daftar dokumen aktif? --- Saya setuju, dokumen excel dihapus dalam daftar dokumen aktif dan dimasukkan nama formulir format aplikasi. --- Ijin menjawab ya Pak Wawan, kalau di saya masih ada database dokumennya (tidak dihapus) berisikan ID, tanggal pengesahan, versi revisi

Dimana sebaiknya SOP dan IK ditempatkan agar mudah diakses karyawan?

Gambar
Dear quality club, Mohon sharingnya untuk penempatan SOP dan IK di ruang kerja, seperti apa modelnya? apakah hanya sekedar di tempel, atau digantung, atau cara lainnya, agar mudah untuk dibaca oleh petugas terkait? --- SOP bisa ditempatkan dalam (bantek) lemari/rak dokumen. IK/ Standar/ Metode kerja bisa ditempatkan pada clear folder ditempel/gantung dekat area kerja/ mesin sehingga mudah diakses oleh petugas. --- Share di tempat kami, yg dipasang di area kerja hanya IK. Agar mudah diakses dan dibaca oleh user, maka di tiap workstation ada papan IK. Untuk SOP disimpan di intranet - doc sharing. Penempelan IK nya juga tdk asal ditempel tapi dgn sedikit rekayasa sehingga tiap lembar WI bisa langsung dibolak balik dan dibaca dari papan tsb. --- Filosofi dasarnya sebenarnya bhw Dok IK atau SOP mudah diakses oleh user. Dan setiap user wajib membaca IK/SOP sebelum memulai pekerjaan ( meskipun para user ) sudah hafal alur pekerjaannya --- Ditempel di area kerja misalnya mesin, dinding atau t

Kepuasan pelanggan tujuan setiap perusahaan

Kepuasan pelanggan adalah tujuan setiap perusahaan. Maka dari itu, standar ISO 9001 mensyaratkan adanya pemantauan terhadap persepsi pelanggan. Berikut ketentuan ISO 9001 terkait kepuasan pelanggan: Organisasi harus memantau persepsi pelanggan pada tingkatan dimana kebutuhan dan harapan telah dipenuhi. Organisasi harus menentukan metode untuk memperoleh, memantau dan meninjau informasi. Banyak cara untuk menilai kepuasan pelanggan, salah satu nya adalah dengan mengadakan survey kepuasan pelanggan dengan mengirim kepada customer untuk diisi dan nantinya dikirim kembali kepada perusahaan yang melakukan survei. Cara ini terbilang mahal, tetapi cara yang paling banyak digunakan. Coba simak rangkuman diskusi QualityClub, Senin, 21 Juni 2021 tentang "Survey Kepuasan Pelanggan" ---- Tanya: Salah satu yg masih menjadi issue di area kami, Angket Kepuasan Pelanggan,, dr yg kami berikan kepada customer aktif (-+ 100 lebih), yg kembali hanya sekitar 20 lembar. tiap tahun selalu begitu. A

Tata cara tinjauan manajemen ISO perlu dituangkan dalam prosedur atau tidak?

Penerapan manajemen ISO 9001 mewajibkan pelaksanaan Tinjauan Manajemen secara berkala. Tujuannya untuk mengkaji, seberapa efektif pelaksanaan manajemen ISO di perusahaan. Seorang anggota QualityClub menceritakan bahwa ditempatnya bekerja sudah terlalu banyak dokumen sehingga pekerjaan administrasi menjadi beban yang meningkat. Ia ingin tata cara pelaksanaan Tinjauan Manajemen ISO cukup ditulis dalam dokumen manual mutu atau pedoman mutu. Menurut saya, tata cara pendokumentasian suatu proses boleh dituangkan dalam prosedur atau manual mutu atau pedoman mutu. Hal ini ditentukan oleh perusahaan masing-masing perusahaan sesuai dengan kebijakan perusahaan yang berlaku. Berikut ini rangkuman diskusi QualityClub , Jumat, 18 Juni 2021 tentang "Tinjauan Manajemen ISO"